!--Start Related Posts-->

Minggu, 30 Oktober 2016

#MenurutLoh – Batik itu bisa jadi pakaian yang gaul dan kekinian





Bismillaahirrohmaanirrohim….

Batik merupakan kain bergambar yang mana pembuatannya secara khusus dengan cara menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut dan pengolahannya pun diproses dengan cara tertentu pun adalah sebuah bukti warisan dunia sebagaimana keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif, dan budaya yang terkait, telah disahkan oleh UNESCO dan ditetapkan sebagai salahsatu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009. [1]

Corak dan khas batik dari tiap daerah di Indonesia membuat pakaian batik menjadi sebuah busana yang anti mainstream ketika dikenakan. Bahkan batik juga merambah dalam pembuatan pakaian lain dan telah digunakan untuk berbagai produk seperti tas, celana, gamis, dompet, atau sepatu sesuai dengan batik khas daerah tertentu untuk semakin modis dan mengenalkan kepada dunia bahwa ini batik yang bukan lagi dikenal sebagai benda yang kuno, tapi berubah menjadi kekinian dan gaul.

Mau pergi kondangan, kuliah, rapat, sekolah, jalan-jalan, atau kegiatan lainnya? Bisa banget. Apalagi jika kita mampu me-matchingkan tiap detail batik dengan seni trend fashion yang kita miliki bisa menjadi daya tarik dan juga keindahan bagi orang yang melihat sekaligus mengenakannya.

Nah, berkaitan dengan ragam batik Indonesia yang tercipta dari beberapa pengrajin batik, saya ingin menanggapi salah satu artikel di Trivia Id dengan judul “Inspirasi Batik Gaul, Kamu Tetap bisa Berpenampilan santai dan Gaul Memakai Batik Lho” yang merupakan pembahasan artikel inspiratif dan menarik loh gaes. Sebagai generasi muda, perlu banget nih mencoba inspirasi gaya busana dengan memakai batik yang masih sangat nampak kekinian ketika dipandang dan juga dikenakan.

Ada banyak pengrajin yang memang mendesain khusus batik mengikuti trend mode fashion tanpa meninggalkan seni keindahan itu sendiri. Bukan karena memakai batik, lantas terlihat kuno. Namun saat ini hal tersebut malah memberikan nilai dan gaya kekinian loh gaes. Kalian bisa banget mencoba aternatif seperti celana cantik dengan corak bati, atau blazer dengan nuansa batik.

Keindahan itu tidak akan tercipta tanpa keuletan dan ketekunan para pengrajin yang senantiasa fokus dan totalitas dalam menuangkan hasil lukisan dan corak gambar serta motif yang bervariasi untuk batik. Tak jarang juga, untuk pembuatan batik saja bisa memakan banyak waktu atau bahan yang digunakan cukup sulit ditemukan, karena membutuhkan bahan pewarna alami pada alam.

Uweehhh… jadi, jangan anggap sepele lagi perihal batik yang kelihatannya kuno saat dikenakan. Malahan kita bisa modis kok makainya, asal tahu gimana cara memodifikasi dan mencocokkan batik dengan pakaian kita yang lain. Heheheh… dan jangan marah atau ngedumel kalau harga batik itu mahal gaes… perjuangan banget itu bikin lukisannya. Asliii… hhhheee

Oh iya, saya pun telah membuktikan jika batik itu pakaian anti mainstream dan juga bisa dipakai dalam acara apapun untuk tetap tampil kekinia dan kece, loh. Bahkan membuat pemakainnya anti mati gaya juga loh, gaes. Hehehee….

Berikut ini beberapa foto saya ketika mengenakan batik yang saya miliki. Walaupun masih limit banget,. Heehe

Pakai Celana Batik

Baju Batik setiap hari

Menghadiri acara pernikahan rekan kerja

Saat Ulangtahun perusaan tempat saya bekerja


Demikian postingan tanggapan perihal “Inspirasi Batik Gaul, Kamu tetap bisa berpenampilan santaidan gaul memakai batik loh”. Semoga bermanfaat. Karena dengan memakai batik sebagai salahsatu bukti kecintaan kita terhadap produk local Indonesia. Salahsatu warisan budaya tak terikat yang dimiliki oleh Negara tercinta kita. Hehehehe…

Feel free banget to drop your comment ya gaes., heheheh… komentar kalian sungguh sangat berarti buat saya.

Karangduren, 31 Oktober 2016
Khoirur Rohmah

Sumber Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

1 komentar:

  1. saya juga sering mba memakai batik untuk ke Acara nikahan atau acara keluarga, dan juga ada sedikit koleksi batik dari pekalongan :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya...
| Rohmah-KR |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads Inside Post