!--Start Related Posts-->

Rabu, 02 Oktober 2019

Baca Yuk 4 Amalan Ringan Namun Berbobot Ini



Bismillaahirrohmaanirrohim...
Halo temen-temen Rohmah KR... ‘Annyeong’ dengan nada kayak Sunwoo Hye dalam drama korea Ghost Detective. Hhehee. Kalau salamnya pakai nada itu justru ngeselin. Ehhh. Back to the main topic men temen. Jadi gini, hari ini saat aku baca-baca majalah gitu, nemu tulisan yang inspiratif. Nah, supaya men-temen juga tahu apa sih contentnya apa, simak terus yah......

4 Amalan Ringan Namun Berbobot


Kamu pasti yakin dan percaya, apapun amalan baik dan buruk seseorang tentu akan mendapatkan pahala jika itu berupa kebaikan, pun sebaliknya ya. Nah, kaitannya dengan kebaikan-kebaikan kecil namun ternyata juga nilainya besar di hadapan-Nya tuh sebenernya ada banyak hal, tapi aku akan sebutkan 4 aja. Apa sih itu?

1. Menyingkirkan Duri Karena Menghalangi Jalan

Pernah nggak sih kamu lagi jalan-jalan atau menaiki kendaraan terus ada duri yang menghadang, atau bebatuan, maupun pohon di jalanan yang mana benda-benda tersebut menghalangi siapapun pengendara jalan saat melewati jalan tersebut.

Jika kamu menemui yang demikian itu, sebaiknya perlu disingkirkan supaya tidak mengenai orang lain. Jadi, sebelum ada orang yang mendapatkan petaka karena benda yang menghalangi jalanan, kita yang lebih dulu tahu, dapat mencegah hal tersebut terjadi. Karena kalau sampai ada kecelakaan juga dapat menggangu aktivitas jalanan, kan.
Sungguh aku melihat seorang lelaki menikmati (berbagai kenikmatan) di surga karena suatu pohon yang ia tebang di tengah jalan, yang mengganggu orang-orang” ­Sabda Nabi Muhammad SAW
Jadi, apabila menyingkirkan dahan, duri, atau bebatuan dapat mengantarkan seseorang bisa sampai surga, berarti Allah merahmati mereka yang membantu dalam kelancaran jalanan yang ramai. Tentunya didasari dengan niat ikhlas ya...

2. Tersenyum Ketika Bertemu Saudara

Pernahkan saat kamu bertemu teman atau saudara di manapun, tapi tak acuh karena salahsatu di antara kamu ada yang senyum. Baik itu di jalanan atau bertatap langsung. Kalau di jalanan sih maklum ya, karena kadang kita pasti fokus dengan apa yang di jalan, jadi kalau ada yang nyapa terus senyum, kitanya nggak balas senyum ya perlu dimaklumin.  

Ada juga yang udah deket, berhadapan, disenyumin ehh pura-pura nggak kenal, nggak tahu juga. Ya kalau kayak gitu usah dipeduliin ya kan. Daripada ntar sakit hati, hhehee.

Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah,” HR. Tirmidzi
Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu terhadap saudaramu,”  - HR. Muslim
Jadi sekarang, kalau ketemu teman atau saudara bakalan mengawali senyuman nggak ya? Terlepas orang yang disenyumin membalas atau tidak, yang jelas kita sudah menyapa dahulu. Karena bahkan senyum pun bisa bernilai kebaikan loh ya. Murah dan juga mudah, ehh termasuk sedekah. Apalagi senyum tulus yang dapat menyingkirkan prasangka buruk.

Selain tersenyum juga dibarengi dengan wajah ceria, menjabat tangan yang erat serta ucapan yang baik.

3. Menanam Pohon


Rasulullah SAW bersabda ,”Tanamlah bibit pohon yang ada di tanganmu sekarang juga, meski besok kiamat, Allah akan tetap memperhitungkan pahalanya,”


Saat kelas 3 MTs waktu ujian praktek tiap anak yang mengikuti ujian tersebut mendapatkan kaos olahraga baru. Dan di tulisan kaosnya bertuliskan “One Man One Tree”, yang mana adalah sebuah slogan yang mengajak siapapun untuk menanam pohon dengan cara 1 orang 1 pohon yang perlu ditanam.



Kaitannya hal itu, bahwasanya siapapun yang menanam pohon, dikarenakan pohon atau tanaman merupakan sumber kehidupan yang Allah sediakan bagi manusia dan makhluk lainnya, serta sumber produksi oksigen dan pernapasan untuk manusia, maka orang yang menanam pohon tersebut akan mendapatkan pahala.


Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kecuali yang dimakan darinya merupakan sedekah, apa yang dicuri darinya merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh binatang merupakan sedekah, apa yang dimakan oleh burung merupakan sedekah, dan apa yang diambil oleh orang lain juga merupakan sedekah,” Dalam lafal lain “........ merupakan sedekah sampai hari kiamat,” – HR. Muslim.


Kenapa bisa menanam pohon bernilai amalan dengan kebaikannya yang berbobot termasuk amalan jangka panjang? Ya karena dengan menanam pohon, bisa jadi tumbuhan tersebut dapat bertahan hingga lama, atau justru mampu berdiri tegak hingga beberapa tahun.


Jadi, kamu udah menanam pohon apa nih saat ini? Mungkin sayuran atau pohon pisang, atau sebagainya?
 

4. Memberi Pinjaman yang Baik

Dulu, pada zaman Rasulullah beliau mencontohkan ada seekor ternak yang dipinjamkan untuk diambil susunya. Selain itu hewan tersebut juga dipinjamkan untuk keperluan lain, misalnya sebagai kendaraan. Nah pada saat itu ada yang bersikap demikian dengan mengharapkan pahala dari Allah, maka Allah akan melaksanakan apa yang pernah dijanjikan-Nya kepada hamba-Nya yang ikhlas meminjamkan ternak tersebut.

Memberi pinjaman bernilai amalan yang berbobot itu juga berarti saat ada rekan yang membutuhkan sesuatu atau dalam kesulitan, dia lebih memilih jalan untuk pinjam daripada meminta. Sedangkan jika kita memiliki beberapa hal yang memungkinkan untuk dipinjamkan ya why not?

Asalkan yang meminjam juga tahu diri ya, misalkan tanggal sekian mau dikembalikan ya udah kembalikan. Kecuali emang si pemberi berniat melakukan kegiatan sosial secara sukarela tanpa mengharap imbalan atau karena hartanya berlebih ya boleh aja.

Yang pasti, tatkala ada saudara yang butuh atau dalam kesulitan, kemudian kita memberi pinjaman kepada mereka. Insyaallah hal-hal yang kita lakukan akan bernilai amalan dengan kebaikan yang besar. Insyaalllah
“Siapa saja memberui pinjaman berupa unta (untuk diambil air susunya) atau uang, atau dengan memberikan tanahnya untuk dijadikan jalan umum, baginya sama dengan pahala memerdekakan budak,” HR Ahmad, Tirmidzi,, dan Ibnu Hibban.
-------------------------------------------------
Dari sini, kira-kira hal apa yang sekiranya sering kamu lakukan yang ternyata Allah mencatat sebagikan kebaikan dengan nilai yang besar? Ada ada amalan lain, boleh deh sharing di kolom komentar yah, sobats....

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, see you soon
~RohmahKR

21 komentar:

  1. Kok cuma 3 amalan doang, satu lagi apa? Semoga kita bisa konsisten untuk menjalankan amalan amalan ini. Karena sebenarnya amalan ini mudah untuk dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa, tadi yg 4 masih belum dicopy mas wkkwkwkw
      Amin Allahumman Aminn

      Hapus
  2. Alhamdulillaaahhh makasiiii tipsnya ya
    Jadi semangaaatt utk beramal sholih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Senyum sama orang yang kita ga kenal cara jitu buat aku untuk menjalin silaturahim. Yah pura-pura kenal sambil melepas senyum sama orang tersebut cara aku biasa mulai perkenalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem..
      Senyum sama orang yg dikenal.
      Kadangberpapasan sama yg ndak dikenal juga tak kasi senyum.
      Kadang disenyumin balik kdg dicuekin sayah..

      Yg penting jgn senyum2 sndr di tmpt umum ya mba, ntar org2 di sekitar jd takut sama kita hihihi

      Hapus
  4. Anakku yang nomer 3, masih Tk mba.. lagi gandrung banget sama hadist senyum tersebut.
    tabassumuka Fii wajhi akhika sodaqoh...

    BalasHapus
  5. Amalan simple namun besar pahalanya ya mbak. Terutama poin 1 dan 2 itu salah satu pelajaran adab pertama yang kami ajarkan ke anak-anak.

    BalasHapus
  6. Ah, bener-bener 4 amalan yang ringan dan bermanfaat, neh. Saya paling seneng senyum kalau ketemu temen-temen, soalnya bikin saya nyaman juga.

    BalasHapus
  7. Aku tuh ngamalin yang sedekah dengan senyum itu. Eh tapi tukang ojek pangkalan deket rumah kok jadi pada ke GRan gitu aku senyumin wkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, saya sudah melalkukan 4 amalan di atas. Hanya nomor 4, kadang kita sudah tulus iklhlas meminjamkan, tapi pas ditagih agak susah. bahkan galakan dia dari kita hahaha. Bahkan ada yang pura-pura lupa dengan utang hehehe. Tapi tetap ada, teman yang pinjam uang, dan membayar tepat waktu.

    BalasHapus
  9. Kalo jaman now memberi pinjaman ujung"nya susah untuk diminta kembalikan dan lebih galak peminjamnya, seandainya oara peminjam baca artikel ini ya. Btw tq for sharingnya

    BalasHapus
  10. Allah.... Iya mbak, pohon penting banget untuk kehidupan manusia, semoga banyak yang sadar ya mbak, dan tidak menebang hutan sembarangan

    BalasHapus
  11. Aku sudah menanam pohon di halaman rumah dan di pinggir jalan rumah, sampai pak RT ikutan, nanam pohon di jalan sepanjang komplek.
    Tapi, kalau nomor 4 kapok aku, karena pinjam=minta, enggak pernah balik. Mending kalau niat sedekah aja. Kalau bilang pinjam tolak aja. Karena banyakan juga buat gaya hidup, gali lubang tutup lubang.

    BalasHapus
  12. memberi pinjaman yang baik ini yang agak susah sekarang
    kadang daripada sakit hati belakangan saya mending memberi deh meski tidak sebesar yang mau dipinjam
    jadi ikhlas, dapat pahala dan di belakang ga ada masalah

    BalasHapus
  13. barakallah, terimakasih sudah diingatkan tentang amalan ini mbak. Karena hal sederhana mudah sekali terlupakan

    BalasHapus
  14. dari dulu pengen mengamalkan nanem pohon. tapi selalu mati. katanya memang harus beneran punya bakat tersendiri kalau mau nanam tumbuhan itu. kalau kata orang awamnya sih tangannya kudu dingin. lah masa aku harus ngerendemin tangan ini ke es dulu baru nanem pohon.

    BalasHapus
  15. Aih reminder nih, intinya berbuat baik terus yaa, secara zaman mulai seram, kiamat beneran ada kali ya nanti, hiiii

    BalasHapus
  16. Kl.senyum.udh di.lakuin. minjemin duit ke orang gk.deh liat2 dl orangnya
    .zaman skrg gt loh

    BalasHapus
  17. Ada beberap amalan yang mudah tapi kita males atau kadang lupa mau ngejalanin nya.

    Semoga aku bisa menjalankan amalan dengan baik dan terima kasih artikel nya mbaak . Aku jd belajar lagi

    BalasHapus
  18. Jadi inget lagu senyum nya Raihan, hehe. Sesederhana itu dan ada nilai ibadahnya juga. Makasi sharingnya.

    BalasHapus
  19. aku suka keki kalau mama aku tuh suka SKSD ma orang, tetapi dari situ aku mencoba belajar ramah dan bermanfaat juga bagi kehidupan kita kedepannya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya...
| Rohmah-KR |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads Inside Post