!--Start Related Posts-->

Rabu, 30 Januari 2019

WCOB3 – Di antara Plegmatis, Melankolis, Sanguinis dan Koleris



Aloha gaes...
Duduudu.. ini udah di akhir bulan Januari. Aku gemes banget banyak Pe,er yang perlu aku selesaikan termasuk dalam mengikuti challenge yang telah dibuat oleh mbak Ainhy Edelweiss. Nggak mungkin aku mangkir dari challenge yang sudah aku terima dari awal tersebut ya kan. Karenanya, untuk konsisten dengan komit yang sudah aku buat, aku akan selesaikan postingannya hari ini, yehee... its oke lah ya hheee

By the way, judul untuk postingan kali ini mengenai kepribadianku. Ada 4 kepribadian manusia yang unik. Dengan mengetahuinya, bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk lebih baik lagi. Termasuk belajar mengevaluasi diri. Nah, aku ingin bagikan apa itu ke-4 karakter tersebut dan menyebutkan karakterku di bagian akhir nanti.

Check this out...

 

1.  Plegmatis ( si Cinta Damai)


Karakter untuk pribadi ini adalah mereka yang cinta damai, cenderung diam, kalem, suka mengalah, memiliki toleransi dan tidak menyukai konflik. Pendengar yang baik. Dia mampu bersabar dalam keadaan apapun. Itu adalah salahsatu kelebihan mereka.

Untuk sisi kelemahannya, dia memiliki pendirian tegas namun tetap mengalir apa adanya. Selain itu, dia tidak pandai dalam mengungkapkan gagasan baru.


2.  Melankolis (si Sempurna)


Sosok pribadi yang memperhatikan secara detail hal-hal di sekitarnya. Mereka yang memiliki sikap rapi, teratur, terorganisir, dan terkenal cerdas.  Ketika menanyakan sesuatu akan digali sampai tuntas, karena mereka menginginkan kesempurnaan. Suka mengatur orang lain, dan tidak mau kalah.

Untuk kelemahannya sendiri, dia sering mendahulukan kepentingan oranglain di atas kepentingan orang lain, tidak akan puas jika segala sesuatu tidak berjalan dengan yang diharapkan. Selain itu, orang lain kadang mengagap pemikirannya lebih rumit sehingga dianggap terlalu serius oleh orang lain di sekitarnya.


3.  Sanguinis (si Populer)


Karakter untuk mereka yang memiliki kepribadian satu ini, dia suka menjadi sorotan publik, ingin diperhatikan oleh orang lain, dan menjadi pusat perhatian, memiliki tingkat kepercayaan tinggi, serta menyukai tempat ramai bersama teman-teman. Walau demikian, mereka adalah sosok yang kurang berkonsentrasi dan susah untuk diajak serius.

Kelemahannya si populer ini, mereka tidak terorganisir, lebih suka mempercayakan segala sesuatunya kepada orang lain, kekanak-kanakan, dan suka menyela. Itu aja ya, hhe


4.  Koleris (si Kuat)


Kepribadian sosok ini terlihat pada diri mereka yang tegas dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, suka mengatur, antusias dengan petualangan baru, memiliki kemauan yang tegas dan kuat, tidak mudah menyerah, mengalah, dan tidak emosional dalam bertindak. Bisa diartikan kalau dia itu pintar.

Untuk kelemahan si koleris, terletak pada sikap mereka yang selalu fokus mencapai target tertentu hingga lupa akan kebutuhan diri sendiri.

Aku tipe yang mana?


Masak iya nanya pada diri sendiri? Iyalah iya. Kan kita sendiri yang tahu kepribadian kita seperti apa. Kalau aku mungkin bisa ditebak. Aku adalah si plegmatis yang suka damai. Nggak suka belibet. Tapi tetep punya pendirian lah. Nggak se--- mengalir kayak air, karena kalau nggak ada target dan Cuma ngandelin mengalir terus khawatirnya yang menjadi tujuan nggak segera tercapai. Karena bercabang ya kan. Ngalir aja terus gitu.

Tapi, kalau nggak ada ke-4 karakter tersebut yang saling melengkapi. Macam ga’ada loe, ga’ rame. Kembangkan kelebihannya dan terima kekurangannya. Kalau kamu memiliki kepribadian campuran atau ada satu nih gaes? Kuy share opini kamu ya ...

Feel free to drop your comments ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya...
| Rohmah-KR |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ads Inside Post